Workshop Series

Workshop Series adalah program yang diadakan oleh Studio Plesungan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan secara tehnis maupun wacana. Studio Plesungan berupaya menghadirkan para pelaku seni profesional dan mempunyai reputasi serta pengalaman yang panjang di bidangnya masing- masing. Workshop Series ditujukan bagi siapa saja yang ingin mempelajari atau mendalami berbagai jenis dan metode tari, musik, teater, sastra, performance art dan seni rupa.

 

Scroll down for more workshops information

CONTACT IMPROVISATION

WITH

BEN SUNARJO

SUNDAY

10 March

2019

Benjamin Sunarjo is a dancer, performance artist, and environmental scientist based in Biel/Bienne, Switzerland. Having studied at Trinity Laban Conservatoire London and Bern University of the Arts, he shows his work at festivals, galleries, in theaters, and most recently, in public spaces throughout Switzerland, England, and Germany. As a member of the transdisciplinary SPINE performance group, he is also interested in collective structures. In addition to his artistic work, Benjamin curates the annual ACT Performance Festival in Bern. He has worked for Tino Sehgal, Boris Charmatz, Alexandra Bachzetsis, Simone Forti, Rachel Lopez / Dog Kennel Hill, and Rirkrit Tiravanija, among others.

Benjamin has been practicing contact improvisation for almost 10 years, using it as a core part of his artistic practice. He originally studied with Rick Nodine, Adrian Russi, and Caroline Waters. He takes a functional approach to teaching, developing a sense of applied biomechanics in order to stay oriented in the constantly changing field of gravity.

Benjamin Sunarjo adalah penari, seniman performans, dan ilmuwan lingkungan hidup yang tinggal di Biel / Bienne, Swiss. Setelah belajar di Trinity Laban Conservatoire London dan Universitas Seni Bern, ia telah banyak menghadirkan karyanya di berbagai festival, galeri, bioskop, dan yang terbaru, di berbagai ruang publik di Swiss, Inggris, dan Jerman. Sebagai anggota SPINE, sebuah kelompok performance transdisipliner, ia juga tertarik pada struktur kolektif. Selain menampilkan karya seninya, Benjamin juga aktif sebagai kuratori di Festival Performance ACT yang diselenggarakan tahunan di Bern. Benjamin telah bekerja untuk Tino Sehgal, Boris Charmatz, Alexandra Bachzetsis, Simone Forti, Rachel Lopez / Dog Kennel Hill, dan Rirkrit Tiravanija, antara lain.

Benjamin telah melakukan contact improvisation selama hampir 10 tahun, dan menggunakannya sebagai bagian inti dari praktik seninya. Pada awal karirnya Benajmin  belajar dengan Rick Nodine, Adrian Russi, dan Caroline Waters. Dia mengambil pendekatan fungsional untuk mengajar, mengembangkan rasa biomekanik terapan agar tetap berorientasi di bidang gravitasi yang terus berubah.

Butoh Workshop

KARADA NI KIKU

with

KATSURA KAN

6 – 10 November 2018

LISTENING WITH THE BODY

Dalam kehidupan kita sehari-hari, ada „tingkah laku misterius „ manusia yang tersembunyikan. Namun kita selalu memperbaiki cara kita untuk „mengamati“ dan menuainya di panggung. Dalam workshop ini, Katsura Kan akan memberi materi berdasarkan Kan Butoh Notation (Notasi Butoh Kan). Dengan pendekatan yang menggunakan notasi ini Katsura Kan akan mengajak pesertanya untuk melakukan eksplorasi gerak melalui beberapa tahap. Observasi pertama yang akan dilakukan adalah mengamati kehidupan sehari-hari. Observasi ini dikenal dalam pendekatan dari kebanyakan Butoh sebagai sumber gerak. Tahap kedua, notasi Kan akan mengajak peserta untuk membangkitkan „suara“ dari dalam tubuh, dan memasuki sisi lain dari kenyataan. Pengalaman ini akan membimbing peserta untuk menemukan notasi Butohnya masing-masing.

Katsura Kan bekerja dan tinggal di Kyoto. Keterlibatan serius dalam Butoh dimulainya dengan menjadi anggota „Byakosha“ kelompok Butoh dari Kyoto pada tahun 1979. Masih pada masa Byakosha, Kan mendirikan “Katsura Kan & Saltimbanques” pada tahun 1986. Sejak saat itu, Kan banyak melakukan proyek studi dengan seniman-seniman asia dan mengadakan Festival Lokakarya Internasional “Harvesting Beauty in the eld” di Kyoto 1991 ~ 1994. Pada tahun 1997, Kan pindah ke Bangkok untuk mencari jejak Gajah Putih di masyarakat pra-modern dan berkolaborasi dengan kelompok-kelompok teater kontemporer asia.

Pada tahun 2001, Kan memulai proyek penelitian tentang “minoritas” untuk berkolaborasi di Bosnia, Serbia dan Yunani. Tahun 2013, dia mengerjakan teks Samuel Beckett yang berjudul “Beckett Butoh Notation”. Katsura Kan terus memberi lokakarya dan pertunjukan Butoh di berbagai negara.

DAVID REUTER and SABINE BEYERLE

22 – 25 April 2016

David Reuter (1964) berasal dari Berlin dan seorang seniman dan pengajar seni rupa, teater dan action art dan kurator, dengan pengalaman berkarya dan mengajar di beberapa sekolah dan beberapa perguruan tinggi seni di Jerman. David telah banyak terlibat di berbagai pameran dan proyek seni komunitas di banyak negara termasuk di  Jerman, Venezuela, Peru, Bolivia, Namibia, Maroko, Tanzania, Portugal.

Sabine Beyerle (1975) tinggal dan bekerja di Berlin, adalah seorang pelukis dan telah banyak mengikuti proyek action art dan juga sebagai penata desain panggung untuk berbagai pertunjukan teater di Berlin. Karya-karya lukis Sabine bisa merupakan lukisan di atas kanvas maupun sebagai proyeksi video.