News

On Stage

On Stage _ Pertunjukan Tari dan Bincang Seniman

Hari dan Tanggal : Senin, 31 Mei 2021

Waktu : Pukul 19:30 WIB

Tempat:  Teater Arena – Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta

Jl. Ir. Sutami 57, Kentingan 57126 Surakarta

Bincang Tari bersama : Albertus Rusputranto (Titus)

 

Untuk ketujuh kalinya, On Stage diselenggarakan di Teater Arena – Taman Budaya Jawa Tengah, pada tanggal 31 Mei 2021. Pada kesempatan ini On Stage menghadirkan pertunjukan tari bertajuk “Fajar di Ufuk Barat” yang merupakan karya dari koreografer muda Razan Wirjosandjojo.

Fajar di Ufuk Barat merupakan karya koreografi yang mengagas wacana peralihan sebagai peristiwa yang menghubungkan masa lalu dengan masa depan. Peristiwa peralihan dalam gagasan ini merujuk pada peristiwa yang terjadi atas dasar keputusan untuk melakukan tindakan, ia menghubungkan antara kondisi yang akan ditinggalkan menuju sebuah perubahan. Setiap perubahan yang terjadi selalu diawali dengan peralihan. Karya ini berfokus khususnya pada keterlibatan manusia pada peristiwa peralihan. Fajar di Ufuk Barat terinspirasi dari biografi tokoh politik dan dokter pada era 1920 – 1960, Soekiman Wirjosandjojo. Karya koreografi tunggal ini hadir dengan iringan dan komposisi dari Imam Daeng Sarro dan Andi Muhammad Thoreq.

Razan Wirjosandjojo lahir di Jakarta pada tahun 1998. Ia mulai menari sejak mempelajari Hip-Hop pada tahun 2010, lalu bergabung dengan Gigi Art of Dance Jakarta pada tahun 2015 untuk mempelajari jazz dance dan modern dance. Sejak tahun 2017, Razan menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia Surakarta, jurusan Seni Tari.

Bagi Razan, berkesenian membantu kesadaran atas kondisi pikiran dan mental yang berada pada realitas. Ia melakukan proses kerja tubuh dalam upaya menemukan kekhasan bahasa karya melalui berbagai cara dan pendekatan.

Razan telah terlibat dalam beberapa produksi pertunjukan di bawah beberapa seniman di antaranya: Melati Suryodarmo, Rianto, Lee Mingwei, dan lainnya. Ia mulai mendalami proses artistik dan mulai menciptakan karya – karyanya sendiri.

 

On Stage adalah program rutin Studio Plesungan yang menampilkan karya seni pertunjukan setiap dua bulan sekali yang ditujukan untuk meningkatkan apresiasi publik terhadap karya-karya kontemporer melalui penyajian karya seniman terpilih dan bincang publik bersama seniman. On Stage dirancang juga untuk meningkatkan silaturahmi antar pekerja seni mandiri dan khalayak seni yang lebih luas.

 

Studio Plesungan adalah ruang nir-laba yang didirikan oleh Melati Suryodarmo pada tahun 2012 di Desa Plesungan, Karanganyar. Studio Plesungan merupakan ruang terorganisir yang menyediakan kesempatan untuk riset, proses kreatif, presentasi karya khususnya seni performan, seni rupa dan seni pertunjukan lainnya. Studio Plesungan menyediakan ruang-ruangnya untuk program workshop, kuliah terbuka, pengkajian, diskusi umum dan artist in residence. Studio Plesungan berpihak pada prinsip pengolahan kedaulatan ilmu dan ekonomi para pelaku kesenian serta peningkatan sumber daya manusia terutama di bidang penciptaan dan produk pengetahuan.

Contact Person: Luna
(HP / Whatsapp 0821 3322 9593 )
Email: luna@studioplesungan.org

Did you like this? Share it!

Leave Comment